Rabu, 11 Januari 2012

BAHAYA KOSMETIK



Nama    : ELSYA DESINAYA NELSON
Kelas     :3EB06
NPM      :26209453
Latar Belakang Masalah
Setiap orang menginginkan kulit wajah yang cantik bersih terutama wanita. Bagi wanita, wajah adalah bagian terpenting dan perlu perawatan ekstra. Mereka selalu ingin memakai kosmetik apa saja, tanpa mereka pikir bahwa kosmetik itu cocok atau tidaknya untuk jenis kulit orang berbeda-beda, ada yang jenis kulitnya biasa saja dan ada jenis kulit yang sensitif.
Kulit sensitive dapat diartikan sebagai kulit yang tipis, mudah luka dan kadang kala berwarna kemerahan. Kulit sensitif juga dapat diartikan sebagai suatu kondisi yang sangat peka atau sangat mudah bereaksi apabila terjadi kontak, baik disebabkan oleh kosmetik atau oleh suatu rangsangan dari lingkungan, seperti debu atau polusi udara. Kondisi kulit sensitif ini akan meradang apabila dalam aktivitas sehari-hari, terjadi ketidakpekaan pemakaian kosmetik atau terjadi kesalahan dalam perawatan.
Jadi kulit sensitif adalah kondisi kulit yang mudah peka terhadap lingkungan dan mudah luka, tipis serta kemerahan, untuk kulit yang sensitif harus memakai kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit dan lingkungan alam Indonesia yang beriklim tropis.

Rumusan Masalah
1. Apa yang dimaksud dengan kosmetik?
2. Bagaimana komposisi yang terdapat pada kosmetik alami dan berbahaya?
3. Apa keuntungan dan kerugian pemakaian kosmetik?

TUJUAN PENELITIAN
1. Agar kita berhati-hati dalam pemakaian kosmetik
2. Supaya kita tahu cara merawat kulit dengan baik
3. Agar kita tahu mengenai kulit sensitif dan penyebab sensitif
4. Supaya kita tahu Produk kosmetik yang cook untuk jenis kulit.
5.Agar para pengguna mengetahui dampak positif maupun negatif atas pemakaian kosmetik


KERANGKA TEORI

2.1 Berdasarkan dari majalah Genie edisi 30,25-30 Desember 2006, kulit yang sensitif adalah kulit yang tipis mudah luka dan kadang berwarna kemerahan.
2.2 Berdasarkan dari majalah Femina 2-8 Desember 2004, wajah merupakan bagian terpenting dan perlu perawatan ekstra.

PEMBAHASAN MASALAH
Kosmetik adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia (epidermis, rambut, kuku, bibir dan organ genital bagian luar) atau gigi dan mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik. 
Macam-macam kandungan kosmetik yang aman untuk wajah:
Wanita hampir identik dengan kosmetik, apa jadinya kalau wanita salah milih kosmetik yah? Bisa timbul jerawat dan berbagai masalah kulit lainnya. Untuk itu sebagai wanita kita layak tau kandungan dari kosmetik yang kita pilih. Berikut adalah ssedikit dari komposisi yang biasa ada di kosmetik wanita:
Sequalane : zat minyak yang merupakan komponen umum dari minyak lainnya, sequalane merupakan komponen dari sebum (campuran lemak yang dihasilkan oleh kelenjar kulit) manusia. Sequalane bertindak seperti pelumas kulit yang membuat kulit tampak dan terasa halus dan lembut. Bahan ini aman digunakan untuk produk perawatan kulit.
Chamomile extract : ekstrak dari botanical seperti chamomile biasa digunakan untuk kosmetik, chamomile digunakan karena memiliki sifat anti-inflamasi yang bisa menyembuhkan luka dan memiliki kadar anti-oksidan yang cukup untuk kulit.
Paraffinum liquidum : seperti mineral oil yang terdapat pada baby oil (100% mineral oil)
Trietanolamina : Trietanolamina, Dietanolamina dan etanolamin  adalah substrat yang tidak berwarna, cairan kental dengan bau seperti amonia. Trietanolamina, Dietanolamina dan etanolamin membantu membentuk emulsi dengan mengurangi tegangan permukaan zat menjadi emulsi sehingga bahan larut air dan minyak-larut dapat dicampur bersama-sama, juga digunakan untuk mengontrol pH kosmetik dan produk perawatan pribadi.
carbomer : Carbomer adalah istilah yang digunakan untuk serangkaian polimer terutama dibuat dari asam akrilik. Carbomers berwarna putih, bubuk halus, sering digunakan sebagai gel dalam kosmetik dan produk perawatan pribadi. Carbomers membantu untuk mendistribusikan atau menunda suatu padatan larut dalam cairan. juga digunakan untuk menjaga emulsi. Carbomers sering digunakan untuk mengontrol konsistensi dan aliran kosmetik dan produk perawatan pribadi.
Dimethicone : Dimethicone dan Methicone adalah polimer berbasis silikon. Satu-satunya perbedaan antara kedua polimer adalah unit pengulangan Dimethicone berisi dua kelompok metil, sedangkan unit pengulangan Methicone mengandung satu gugus metil. Dimethicone lain dan polimer berbasis Methicone yang dapat digunakan dalam kosmetik termasuk Amino Bispropyl Dimethicone, aminopropil Dimethicone, Amodimethicone, Amodimethicone Hydroxystearate, Behenoxy Dimethicone, C30-45 Alkyl Dimethicone, C24-28 Alkyl Dimethicone, C30-45 Alkyl Methicone, Cetearyl Methicone, setil Dimethicone, Dimethicone Ethylenediaminopropyl Dimethoxysilyl, Methicone Heksil, Hydroxypropyldimethicone, Dimethicone Stearamidopropyl, Dimethicone Stearoxy, Methicone stearil, Dimethicone stearil dan Dimethicone Vinyl. Dalam kosmetik dimethicone berfungsi menurut jenisnya, yaitu :
Antifoaming agent – Dimethicone, Cetyl Dimethicone
Corrosion inhibitor – Stearamidopropyl Dimethicone
Film former – Stearamidopropyl Dimethicone
Hair conditioning agent – Amino Bispropyl Dimethicone, Aminopropyl Dimethicone, Amodimethicone, Amodimethicone Hydroxystearate, Dimethoxysilyl Ethylenediaminopropyl Dimethicone, Hydroxypropyldimethicone
Skin conditioning agent  emollient – Behenoxy Dimethicone, C24-28 Alkyl Methicone, Cetyl Dimethicone, Hexyl Methicone, Stearoxy Dimethicone
Skin conditioning agent  miscellaneous – Hydroxypropyldimethicone
Skin conditioning agent  occlusive – Methicone, Dimethicone, C30-45 Alkyl Dimethicone, C30-45 Alkyl Methicone, Cetearyl Methicone, Cetyl Dimethicone, Stearyl Dimethicone, Stearyl Methicone
Skin protectant – Dimethicone
Surface modifier – Methicone
Viscosity increasing agent  nonaqueous – C24-28 Alkyl Methicone, C30-45 Alkyl Methicone
Glycerin : Gliserin adalah alkohol gula yang bisa diperoleh dari sumber alam atau dapat disintesis. Fungsi glycerin untuk kosmetik adalah Gliserin adalah humektan di kosmetik dan produk perawatan pribadi. Fungsi lain Gliserin meliputi, hair conditioning agent, oral care agent, skin conditioning agent- humektan, pelindung kulit dan viscosity decrease agent.
Methylparaben : paraben merupakan bahan pengawet yang efektif dalam berbagai jenis formula. melindungi kosmetik dan produk perawatan pribadi dengan mencegah atau memperlambat pertumbuhan ragi dan jamur yang akan karena beberapa jenis bakteri.
Masih banyak sebenarnya komposisi yang digunakan sebagai bahan kosmetik yang banyak beredar di pasaran. Untuk mengetahui bahan tersebut aman atau tidak serta mengetahui digunakan untuk apa senyawa tersebut, semuanya ada di :
Kosmetik bermerkuri berkhasiat memutihkan kulit gelap tapi berbahaya karena bisa mengakibatkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit dini.

Orang berkulit gelap mempunyai zat warna (pigmen) kulit, dikenal sebagai melanin, lebih banyak ketimbang orang berkulit putih. Produksi melanin dipengaruhi oleh paparan sinar matahari. Itulah sebabnya, kalo kita sering terkena sinar matahari, kulit menjadi lebih gelap.

Melanin bermanfaat membantu menahan sinar ultraviolet agar tidak merusak kulit dan menimbulkan kanker kulit. Tapi, banyak wanita tak kulit gelap, lalu menggunakan kosmetik pemutih, yang kebanyakan mengandung merkuri, sehingga jumlah melanin kulit berkurang. Namun, merkuri yang dioleskan pada kulit akan bereaksi dengan sinar ultraviolet, sehingga menyebabkan iritasi, pigmentasi, dan penuaan kulit dini. 

Merkuri dapat merusak secara permanen organ saraf, ginjal, liver (hati), dan lain-lain. Penggunaan kosmetik bermerkuri oleh ibu hamil, bisa berakibat janin mengalami kerusakan otak dan kecacatan lainnya.

Wanita sangat peduli tentang kulit dan kecantikan. Mereka ingin tampak segar dan keinginan kulit bersinar dan sehat. Untuk tujuan ini mereka menggunakan berbagai produk kecantikan. Produk kecantikan dari wanita secara umum dikenal sebagai kosmetik. Produk-produk kecantikan tersedia dalam berbagai macam dan berbagai. Wanita menggunakan kosmetik untuk mempercantik diri dan juga untuk membuat fitur mereka menarik.
Selain itu, produk kecantikan juga digunakan untuk membuat kulit tampak berseri-seri dan tanpa cela. Faktor setiap wanita harus diingat ketika memilih produk kecantikan adalah kesempurnaan. Ya! Hal ini berguna jika orang membeli produk kecantikan yang tidak memberi manfaat apapun. Itu hanya buang uang dan waktu juga. Oleh karena itu, Anda harus selalu membeli produk kecantikan yang memberikan manfaat besar bagi kulit Anda dan memberikan efek bercahaya.
manfaat pemakaian kosmetik
Kosmetik adalah dari berbagai jenis dan kualitas. Banyak produk kecantikan yang dimaksudkan untuk memberikan bersinar dan perlindungan pada kulit. Produk-produk ini umumnya diterapkan pada kulit untuk mendapatkan hasil abadi. Termasuk masker wajah masker lumpur, masker mineral, masker pemutih dll adalah di antara contoh dari produk ini.
Setelah Anda menerapkan produk pada kulit, Anda harus menunggu beberapa menit untuk mendapatkan hasil terbaik. Setelah beberapa waktu anda harus melepas topeng tersebut atau harus bilas wajah secara menyeluruh dengan air.
Anda bisa merasakan perbedaan besar dalam warna kulit Anda ketika menggunakan masker wajah. Banyak susu pembersih dan scrub juga tersedia di pasar. Mereka juga jatuh di bawah kategori produk perawatan kulit. Susu pembersih digunakan untuk tujuan pembersihan. Memijat wajah dengan susu pembersih membersihkan semua debu dan kotoran dari kulit dan sebagai hasilnya daun kulit segar dan bersih.
Lulur juga bekerja dengan cara yang sama, tetapi perbedaan antara scrub dan susu pembersih adalah bahwa susu pembersih hanya membersihkan kulit, di sisi lain scrub tidak hanya membersihkan kulit tetapi juga menghilangkan kulit yang rusak dari bagian dari tubuh dimana ia diterapkan.
Sekarang, ada juga beberapa produk kecantikan yang terutama digunakan ketika melakukan mаkе-up. Produk ini termasuk bedak, basis / dasar, lipstik, warna mata, blush οn dll landasan A dianggap sebagai produk yang paling penting dari mаkе-up seperti memanjakan kulit dengan efek bersinar dan juga hilang tempat dan tanda hadir pada kulit, karena yang kulit terlihat menarik dan rapi.
Lipstik, blush οn dan eye nuansa dll adalah produk sekunder ketika melakukan mаkе-up tetapi mereka juga memiliki kepentingan besar sebagai mаkе-up yang mengatakan tidak lengkap tanpa produk-produk kecantikan.
Produk kecantikan yang efektif dan baik mengandung mineral dan vitamin yang memberikan manfaat besar bagi kulit. Anda harus selalu menggunakan produk kecantikan yang mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin E dan mineral. Produk seperti memelihara kulit secara alami. Anda harus selalu membeli produk-produk yang sesuai kulit Anda. Perlu disebutkan di sini bahwa produk kecantikan yang dirancang sesuai dengan jenis kulit.
Biasanya ada empat jenis kulit termasuk kering, berminyak, dan normal dan kulit jerawat. Anda dapat menemukan formula yang sempurna dan terbaik yang memberikan keuntungan maksimal kepada kulit Anda. Kosmetik tersedia di semua rentang. Anda dapat membeli produk kecantikan yang sesuai dengan anggaran Anda. Oleh karena itu, ada banyak manfaat dan keuntungan menggunakan kosmetik, hanya pemilihan produk yang tepat adalah penting untuk mendapatkan hasil terbaik dan kekal.

5.1 Kesimpulan
Kecantikan wanita memang menjadi modal utama bagi setiap wanita. Jika kita terlihat cantik, maka banyak orang tertarik untuk melihat kita. Kosmetik memiliki peran yang penting bagi wanita. Tanpa kosmetik mungkin wanita tidak akan terlihat lebih menraik. Namun ada baiknya pemakain kosmetik digunakan dalam pemakaian yang sewajarnya atau tidak berlebihan. Semua ini terangkum dalam serba wanita.

Kulit yang sensitif adalah kulit yang mudah luka dan sering terlihat kemerahan. Penyebab kulit sensitif dikarenakan ketidaktepatan dalam pemakaian kosmetik dan bisa juga disebabkan oleh makanan, seperti makanan pedas, kafein (kopi), nikotin rokok dan lain-lain. Kulit yang sensitif bisa dilihat dengan kondisi dimana pembuluh darah (kapiler) dan ujung saraf terletak dekat permukaan pembuluh kulitnya. Untuk memilih produk kosmetik yang baik untuk kulit yang sensitif carilah kosmetik yang mengandung bahan-bahan kosmetik yang dapat mengurangi iritasi kulit dan hindari makanan pedas dan panas. 
Mempunyai kulit sensitif bukanlah suatu halangan untuk tetap tampil cantik dan mempesona. Dengan melakukan perawatan yang benar dan aman, masalah tersebut teratasi secara tuntas.

5.2 Saran
Dari hasil penelitian kami, jika ada kesalahan dalam tulisan maupun bacaannya kritik dan saran sangat kami harapkan untuk perbaikan pada penelitian berikutnya.









DAFTAR PUSTAKA


Fatimah, Petty S. 2004. “Kulit Wajah”. Femina. (2-8 Desember). Jakarta. 

Purwanto,Andre.2006. “Kulit Sensitif ”. Genie. (25-30 Desember 30). Jakarta.
http://www.cosmeticsinfo.org/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar